Home ยป Tonying

Bulan November tahun lalu, mendadak saya kehilangan seorang sahabat. She just died in her sleep. Bener-bener kaget dan sedih banget. I am grieving for her still, I remember her every day, after that many months, still feel like it just happened.

Her name was Ningsih, tapi kami teman-teman SMA panggil dia Tonying. My friendship with her was unique, banyak yang nggak menyangka kami masih berteman sampai sekarang karena ya itu tadi pertemanan kami emang lain daripada yang lain ๐Ÿ™‚

Pertama saya kenal Tonying di kelas 1 SMA, temen sebangku jadi ya otomatis sering main bareng. Kita berdua sama-sama santai dan cuek orangnya untuk ukuran remaja saat itu. Tonying sih sering dititipin surat dan salam dari cowo-cowo. Ya ya, jaman dulu belum ada HP jadinya ya surat-suratan dititipin ke temannya. Waktu saya dulu bosen ama pacar si Tonying inilah yang bawain surat ke si pacar buat mutusin hehehe

Waktu naik kelas 2, kita beda kelas. Tonying kemudian punya geng sendiri sedangkan saya juga punya banyak teman-teman lain. Di sekolah kemudian kita jarang bertegur sapa, apalagi setelah circlenya Tonying di kelas 2 & 3 tuh the popular girls sedangkan saya gayanya ya masih gitu-gitu aja… bergaul di semua kalangan nemplok sana sini dan gak punya circle khusus, tapi di luar sekolah kita masih main bareng utamanya ke bioskop karena kita sama-sama demen nonton. Bahkan pas kelas 3 kita les barengan di Primagama, berangkat pulang les selalu bareng tapi kalau di sekolah kayak orang gak kenal hahaha makanya banyak teman-teman yang surprise begitu tahu kita masih berteman.

Lulus SMA saya kuliah ke Jerman, tapi kita sporadis masih keep in touch by surat atau kadang telpon. Setelah ada internet lumayan sering kontak lagi, apalagi setelah ada mIRC, Yahoo Messenger, dll. Yang jelas sih kalau saya pas liburan ke Indonesia, kita pasti ketemuan.

Akhir 2010 saya memutuskan balik ke Jogja. As a single mom, I need a support system. Salah satu teman yang pertama saya kontak ya Tonying ini dan dia masuk dalam support system saya. Tiap hari kita komunikasi, gak melulu bicara hal penting, lebih sering hal-hal sepele tapi buat becandaan. Waktu saya buka usaha, dia banyak kasih masukan dan bantu juga terutama untuk urusan HRD dan paperwork dan masih banyak lagi urusan-urusan yang gak bisa saya tulis di sini. Yang jelas kami bersahabat walaupun modelnya ya masih sama kayak dulu, punya teman masing-masing, kalau ketemuan ya kita berdua aja walaupun saya kenal beberapa teman dia dan begitupun sebaiknya.

Sejak Tonying pindah ke Bali komunikasi kami gak tiap hari dan kalaupun berkabar ya gak intens karena kami sama-sama sibuk. Tapi, tiap kali ada meme lucu atau berita menarik kami saling tag di sosmed atau screenshot dan bahas bentar di WhatsApp untuk kemudian ngakak bareng. Dan ternyata ini yang paling ngangenin dari dia. Hal-hal gak penting yang bisa bikin kita ngakak, sejenak melupakan kepenatan sehari-hari. Dan Tonying ini ternyata satu-satunya teman saya di sini yang punya selera humor quirky kayak saya, yang bisa ngakak begitu cuman dapat gambar/teks/link tanpa konteks dari saya. I miss this the most.

I still can’t wrap the fact around my head that she is gone. Pas dapat kabar pertama kali kayak gak percaya. Saya langsung ke rumah ibunya dan sampai sana keluarga udah kumpul menunggu kabar dari Bali. Begitu jenazah sampai Jogja besoknya dan saya ikut memandikan di tengah hujan badai dan listrik mati, baru mulai terasa nyata. Sambil memandikan rasanya tuh sedih banget mikir Tonying meninggal sendiri aja, at the end we are all alone…. Hari Jumat kita masih WhatsApp bahas ntar mau ketemu di Jogja setelah event di Bali kelar, Senin kamu udah gak ada…. gone to soon…

Dear Tonying, know that you are missed….dan juga sekarang aku jadi deket sama ibukmu dan mas Ras, tetep jadi sedulur walopun kamu udah gak ada. Urusan – urusanmu di sini udah hampir semua beres, tinggal urusan nutup salah satu paperworkmu aja yang belum, wait ya pasti aku selesaikan.

Thinking of you and until we meet again…. and again…thank you for being my friend….

4 thoughts on “Tonying

  1. ….terima kasih Mba Ayu sudah menjadi sahabat terbaiknya Aunty Ncih…. semoga Almh husnul khotimah…Al Fatihah…๐ŸŒท๐Ÿฉท

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *